Zhinan Temple atau kuil Zhinan adalah kuil yang terletak di atas bukit. Berlokasi di lereng bukit Houshan di Muzha dan merupakan kuil tertua di Taipei. Menempati areal seluas 80 hektar, Kuil Zhinan merupakan kuil yang menggabungkan ajaran Taoisme, Budhisme dan Konfusianisme. Dewa yang disembah disana adalah Lu Tung-pin, salah satu dari delapan dewa dalam Taoisme. Komplek Kuil Zhinan terbagi menjadi empat kuil utama, lima ruang tambahan, paviliun dan jalan-jalan setapak yang tersebar di sekitarnya.

Kuil ini dibuat sekitar tahun 1890an. Sebelum dapat melihatnya, terlebih dahulu Anda harus melewati 1200 anak tangga. Hal inilah yang menyebabkan kuil Zhinan mendapat julukan “The Temple of a Thousand Steps” di kalangan turis asing. Jika Anda ingin “mendaki”, pastikan Anda menggunakan sepatu dan baju yang nyaman serta tidak lupa untuk membawa sebotol air bersama Anda.

Setelah mendaki 1200 anak tangga, barulah Anda akan sampai di kuil utama yaitu kuil Chunyang. Kuil Chunyang merupakan bangunan asli yang sejak dulu ada di komplek kuil Zhinan. Di sekitaran kuil Chunyang terdapat kuil-kuil yang lebih kecil dan beberapa paviliun juga taman-taman yang sangat indah. Di area kuil Zhinan, Anda dapat mengunjungi Kuil Lingxiao, Kuil Daxiong dan Kuil Dacheng. Tidak ada salahnya untuk sekedar mampir dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke kuil utama.  Luangkanlah waktu lebih panjang untuk mengeksplorasi seluruh komplek kuil Zhinan untuk melihat keindahannya.

Selain melihat megahnya kuil, Anda dapat mengetahui peruntungan Anda dengan meminta untuk diramal di kuil Zhinan. Letak kuil di lereng bukit memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan perkebunan teh khas Muzha dan pemandangan kota. Di sekitaran kuil juga banyak dijual suvenir-suvenir yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh.

Untuk menuju komplek kuil Zhinan, Anda dapat menggunakan MRT menuju Gongguan. Dari Gongguan, perjalanan dapat dilanjutkan dengan bus nomor 530 sekitar 30 menit. Atau jika Anda ingin menuju kuil dengan gondola, Anda bisa menuju Taipei Zoo Station terlebih dahulu dan naik gondola dari terminal gondola yang ada di dekat kebun binatang. Tiket untuk naik gondola berkisar antara NT$30-50*, tergantung dimana Anda turun.

Satu hal lagi yang menarik dari Kuil Zhinan, ada legenda yang beredar di kalangan penduduk lokal bahwa pasangan yang belum menikah dilarang datang ke kuil. Jika melanggar, maka hubungan mereka akan berakhir. Hal itu disebabkan karena dewa Lu Tung-pin yang dipuja di kuil Zhinan merasa cemburu setiap kali ada pasangan yang datang dan akan berusaha memisahkan mereka.  Bagaimana dengan Anda, apakah Anda percaya dengan legenda  semacam itu?? Jika tidak, maka tidak perlu takut untuk datang kesana bersama pasangan Anda.

Lokasi

View Larger Map

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Hotel di Taipei: Fullon Hot Spring Resort Danshuei, Gallery Hotel, Wonstar Hotel Chong Hwa

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,