Pernah dijajah oleh berbagai bangsa membuat Taiwan mempunya sejarah yang panjang. Dalam perjalanannya, banyak sekali gedung-gedung yang dibangun yang lantas menjadi saksi bisu sejarah. Banyak diantaranya yang sudah hancur tak bersisa. Namun bagi beberapa yang masih berdiri, pemerintah Taiwa terus berusaha merestorasinya untuk mengingat masa lalu dan melestarikan situs sejarah.

Dihua Street di Taipei adalah salah satu situs tersebut. Jalanan tua ini dikenal juga dengan nama Centre Street. Pertama kali dibangun pada tahun 1850 an ketika para saudagar pindah ke sana. Sejak itu dan selama abad 19, Dihua Street menjadi pusat perdagangan produk-produk asli Taiwan seperti obat-obatan herbal, kain, material pembuat dupa serta pemrosesan teh.

Selama jaman kolonial Jepang, Dihua Street terus berjaya. Para pengusaha kaya dari Jepang membangun rumah mereka di sana. Di tahun 1910, Jepang mulai memperbaiki Centre Street dan mengganti namanya menjadi Eirakucho. Perannya dalam perdagangan di Taiwan baru mulai berubah ketika industri berkembang di Taiwan.

Setelah Taiwan merdeka, pemerintah mulai menggalakkan aksi untuk merenovasi Dihua Street. Perbaikan sudah dilakukan sejak tahun 1977. Setidaknya 77 bangunan telah ditetapkan sebagai situs bersejarah yang harus dijaga.

Berjalan-jalan di Dihua Street, akan serasa menjelajahi waktu ke masa lalu. Anda akan dapat melihat pengaruh budaya para imigran Fujian melalui arsitektur bangunan. Rumah satu lantai bergaya Fujian dapat Anda lihat terutama di toko pertama yang didirikan yakni Lin Lan-tian dan Linyishun.

Kita juga bisa melihat sisa-sisa keindahan gedung bergaya Baroque yang dibangun oleh Jepang yang masih berdiri kokoh di Dihua Street. Sampai sekarang, industri tekstil di sini terus berkembang. Di sana menyediakan barang-barang seperti kain dan alat-alat jahit bagi para desainer atau pehobi fashion.

Atraksi menarik yang terdapat diantara jalan sepanjang 800 meter ini salah satunya adalah Xiahai Temple. Kuil yang didirikan pada tahun 1859 ini memperlihatkan dekorasi kuil tradisional berupa atap berwarna merah yang dihiasi pahatan berbentuk naga. Xiahai City God Temple ini merupakan landmark dari Dihua Street.

 Sampai sekarang, Dihua Street masih menjadi favorit bagi warga Taipei. Menjelang tahun baru Cina, mereka akan datang ke Dihua Street untuk berbelanja di New Year Street Bazaar.

Selain Dihua Street, silahkan kunjungi destinasi wisata lainnya di Taiwan seperti Dalongdong Baoan Temple, Maokong Gondola dan Fisherman’s Wharf.

Selama wisata Anda di Taiwan, menginaplah di hotel yang menjamin kenyaman Anda seperti Caesar Park Hotel, Grand Hotel dan Santos Hotel.

Lokasi

View Larger Map

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,